Minggu, 18 September 2011

8 ANAK TANGGA SUKSES KARIER

Menurut Murphy and Peck (1980 : 8) ada delapan anak tangga untuk mencapai puncak karier yang dapat pula digunakan untuk berwirausaha dalam mengembangkan profesinya, yaitu :
1. Mau kerja keras (Capacity for Hard Work), sikap kerja keras harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Unsur disiplin memainkan peranan penting. Sebab bagaimana orang mau bekerja keras jika disiplin tidak ada.
2. Bekerjasama dengan orang lain(Getting Things Done With &Through People), seorang wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat. Dia tidak suka fitnah, sok hebat, arogan, tidak suka menyikut, menggunting dalam lipatan.
3. Penampilan yang baik (Good Appearance), bukan berarti penampilan muka yang elok tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin.
4. Yakin (Self Confidence), diimplementasikan dalam tindakan sehari-hari, melangkah pasti, tekun, sabar, tidak ragu-ragu. Setiap hari otaknya berputar membuat rencana dan perhitungan alternatif.
5. Pandai membuat keputusan (Making Sound Decision), Jika anda dihadapkan pada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang. Kumpulkan berbagai informasi, boleh minta pendapat orang lain, setelah itu ambil keputusan.
6. Mau menambah ilmu pengetahuan (College Education), Pendidikan baik formal maupun non formal akan sangat membantu seseorang menemukan dan mengembangkan jiwa serta operasional wirausaha. Akan tetapi, hal yang penting disini adalah adanya tambahan pengetahun.
7. Ambisi untuk maju (Ambition Drive), seorang wirausahawan dituntut pantang menyerah. Dan harus punya semangat tinggi, mau berjuang untuk maju. Orang yang gigih dalam menghadapi pekerjaan dan tantangan biasanya banyak berhasil dalam kehidupan.
8. Pandai berkomunikasi (Ability to communicate), berarti pandai mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi yang baik, diikuti dengan perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang mengembangkan karir di masa depan.
Sumber : Artikel Wirausaha Faozan Rahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar